Annyeong Haseyo!!
RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
(BENTUK KLASIKAL)
1. Identitas
a. Satuan Pendidikan : SMA GARUDA JAKARTA
b. Tahun Ajaran : 2016/2017
c. Kelas : XI (Sebelas)
d. Pelaksana dan Pihak Terkait : Guru BK & Siswa
2. Waktu
a. Tanggal : 9 Januari 2016
b. Jam Pelayanan : 08.00 s.d selesai
c. Volume Waktu : (1 x 45 Menit)
d. Tempat : Ruang Aula SMA GARUDA
3. Bidang Bimbingan dan Konseling : Pribadi
4. Materi Pelayanan
a. Tema : Motivasi Belajar
b. Sumber Materi Pelayanan : Internet
5. Tujuan Layanan
a. Siswa/i dapat memahami pentingnya Motivasi Belajar
b. Siswa/i dapat memahami manfaat Motivasi Belajar
c. Siswa/i dapat membangun Motivasi Belajar
6. Fungsi Layanan : Pemahaman
7. Metode dan Teknik
a. Jenis Layanan : Layanan Informasi
b. Kegiatan Pendukung : -
8. Sarana
a. Media : Laptop, LCD Projector etc.
b. Instrumen : -
c. Sumber : Milik Sendiri dan Meminjam di Sekolah
9. Sasaran Penilaian : Menggunakan instrument : Laiseg, Laijapen
dan Laijapang
10. Langkah Kegiatan :
a. Pendahuluan (15 menit)
- Guru BK/Konselor mengucapkan salam, dilanjutkan dengan berdo’a, presensi, mengecek situasi & kondisi kelas.
- Guru BK/ Konselor menyampaikan topik / tema layanan informasi
- Guru BK/Konselor memotivasi dengan Ice Breaking : agar siswa senang, tertarik, bersemangat, siap mengikuti layanan informasi
- Guru BK/Konselor menjelaskan tujuan layanan informasi dan tugas perkembangan yang akan dipahami
b. Kegiatan Inti (60 menit)
1) Berfikir
- Guru BK/Konselor mengajak berfikir dengan siswa tanya jawab seputar Motivasi Belajar
- Guru BK/Konselor mengajak curah pendapat pada siswa tentang tema Motivasi Belajar
2) Merasa
- Guru BK atau Konselor mengadakan diskusi bersama siswa terkait perasaannya yang mereka hadapi dalam memahami Ekspolrasi bakat secara mandiri
- Guru BK atau Konselor memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya/komentar mengenai hal yang belum dapat dipahami dan memberikan ide atau gagasan yang ingin disampaikan/ dirasakan.
3) Bersikap
- Guru BK /Konselor menanyakan pada siswa apa saja yang telah ia ambil sikap terhadap Motivasi Belajar Guru BK /Konselor memberi kesempatan pada siswa lainnya menanggapi/mensikapi pertanyaan siswa lainnya.
4) Bertindak
- Guru BK /Konselor menanyakan pada siswa apa saja yang telah ia ambil tindakan pada pemahaman Motivasi Belajar
- Guru BK /Konselor memberikan motivasi pada siswa yang belum bertindak aktif, positip dalam memahami Motivasi Belajar.
5) Bertanggung jawab
- Guru BK/Konselor memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya/komentar mengenai hal yang belum dapat dipahami dan memberikan ide atau gagasan yang ingin disampaikan/dirasakan, untuk mengambil sikap bertaggungjawab.
- Guru BK/Konselor menanyakan pada siswa apa saja yang telah ia ambil tindakan yang dapat dipertanggung jawabkan dalam memahami Motivasi Belajar
c. Penutup (30 menit)
1. Kesimpulan
- Guru BK /Konselor bersama-sama dengan siswa menyimpulkan isi tema yang telah disampaikan.
- Guru BK /Konselor mendorong siswa agar yang belum berperan aktif dalam kegitan, supaya berperan aktif
2. Refleksi (Peserta didik)
11. Rencana Penilaian :
a. Penilaian Proses :
Guru BK/Konselor melakukan penilaian segera terhadap proses pelaksanaan layanan informasi format klasikalnya, yaitu menilai kesungguhan/ semangat /antusias konseli.
b. Penilaian Hasil :
Guru BK/Konselor melakukan penilaian segera terhadap proses pelaksanaan
layanan informasi format klasikalnya, yaitu :
1) Laiseg :
- Menilai penguasaan materi melalui tanya jawab (pengetahuan/understanding)
- Menilai sikap/ perasaan positif melalui pengamatan dan tanya jawab (Comfortable)
- Menilai ketrampilan/rencana tindakan (action) melalui tanya jawab dan hasil karya (tugas kelompok tentang rencana tindakan cara mengatasi )
2) Laijapen :
Menilai sejauh mana siswa dapat mengaplikasikan (setelah siswa melaksanakan layanan bimbingan dengan strategi klasikal)
3) Laijapang :
Menilai sejau mana siswa bener-bener konsisten dalam melaksanakan layanan bimbingan dengan strategi klasikal (jangka panjang).
12. Catatan Khusus
Konseli yang mengalami KES-T dan membutuhkan bantuan, maka Konselor atau guru BK segera memberikan layanan sesuai jenis layanan Bimbingan dan Konseling.
Jakarta, 1 Januari 2019
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru BK
(............................................) (..................................)
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1. Uraian Materi
2. Lembar kerja siswa
3. Instrumen Penilaian
4. Media
Sekian... 💚💚💚
#semogabermanfaat #konselingmasakini #konsleingmilenial
Tidak ada komentar:
Posting Komentar