Sabtu, 09 Februari 2019

RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING (CONTOH)



Annyeong Haseyo!!







RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

(BENTUK KLASIKAL)

1. Identitas
a. Satuan Pendidikan               : SMA GARUDA JAKARTA
b. Tahun Ajaran                       : 2016/2017
c. Kelas                                   : XI (Sebelas)
d. Pelaksana dan Pihak Terkait : Guru BK & Siswa

2. Waktu
a. Tanggal                                : 9 Januari 2016
b. Jam Pelayanan                     : 08.00 s.d selesai
c. Volume Waktu                      : (1 x 45 Menit)
d. Tempat                                : Ruang Aula SMA GARUDA

3. Bidang Bimbingan dan Konseling : Pribadi
4. Materi Pelayanan
a. Tema                                   : Motivasi Belajar
b. Sumber Materi Pelayanan     : Internet

5. Tujuan Layanan
a. Siswa/i dapat memahami pentingnya Motivasi Belajar
b. Siswa/i dapat memahami manfaat Motivasi Belajar
c. Siswa/i dapat membangun Motivasi Belajar

6. Fungsi Layanan                   : Pemahaman
7. Metode dan Teknik
a. Jenis Layanan                      : Layanan Informasi
b. Kegiatan Pendukung             : -

8. Sarana
a. Media                                  : Laptop, LCD Projector etc.
b. Instrumen                            : -
c. Sumber                                : Milik Sendiri dan Meminjam di Sekolah

9. Sasaran Penilaian                : Menggunakan instrument : Laiseg, Laijapen
dan Laijapang

10. Langkah Kegiatan  :
a. Pendahuluan (15 menit)
  • Guru BK/Konselor mengucapkan salam, dilanjutkan dengan berdo’a, presensi, mengecek situasi & kondisi kelas.
  • Guru BK/ Konselor menyampaikan topik / tema layanan informasi
  • Guru BK/Konselor memotivasi dengan Ice Breaking : agar siswa senang, tertarik, bersemangat, siap mengikuti layanan informasi
  • Guru BK/Konselor menjelaskan tujuan layanan informasi dan tugas perkembangan yang akan dipahami

b. Kegiatan Inti (60 menit)
1) Berfikir
  • Guru BK/Konselor mengajak berfikir dengan siswa tanya jawab seputar Motivasi Belajar
  • Guru BK/Konselor mengajak curah pendapat pada siswa tentang tema Motivasi Belajar

2) Merasa
  • Guru BK atau Konselor mengadakan diskusi bersama siswa terkait perasaannya yang mereka hadapi dalam memahami Ekspolrasi bakat secara mandiri
  • Guru BK atau Konselor memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya/komentar mengenai hal yang belum dapat dipahami dan memberikan ide atau gagasan yang ingin disampaikan/ dirasakan.

3) Bersikap
  • Guru BK /Konselor menanyakan pada siswa apa saja yang telah ia ambil sikap terhadap Motivasi Belajar Guru BK /Konselor memberi kesempatan pada siswa lainnya menanggapi/mensikapi pertanyaan siswa lainnya.

4) Bertindak
  • Guru BK /Konselor menanyakan pada siswa apa saja yang telah ia ambil tindakan pada pemahaman Motivasi Belajar
  • Guru BK /Konselor memberikan motivasi pada siswa yang belum bertindak aktif, positip dalam memahami Motivasi Belajar.
5) Bertanggung jawab
  • Guru BK/Konselor memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya/komentar mengenai hal yang belum dapat dipahami dan memberikan ide atau gagasan yang ingin disampaikan/dirasakan, untuk mengambil sikap bertaggungjawab.
  • Guru BK/Konselor menanyakan pada siswa apa saja yang telah ia ambil tindakan yang dapat dipertanggung jawabkan dalam memahami Motivasi Belajar

c. Penutup (30 menit)
1. Kesimpulan
  • Guru BK /Konselor bersama-sama dengan siswa menyimpulkan isi tema yang telah disampaikan.
  • Guru BK /Konselor mendorong siswa agar yang belum berperan aktif dalam kegitan, supaya berperan aktif

2. Refleksi (Peserta didik)

11. Rencana Penilaian :
a. Penilaian Proses       :
Guru BK/Konselor melakukan penilaian segera terhadap proses pelaksanaan layanan informasi format klasikalnya, yaitu menilai kesungguhan/ semangat /antusias konseli.

b. Penilaian Hasil         :
Guru BK/Konselor melakukan penilaian segera terhadap proses pelaksanaan
layanan informasi format klasikalnya, yaitu :
1) Laiseg :
  • Menilai penguasaan materi melalui tanya jawab (pengetahuan/understanding)
  • Menilai sikap/ perasaan positif melalui pengamatan dan tanya jawab (Comfortable)
  • Menilai ketrampilan/rencana tindakan (action) melalui tanya jawab dan hasil karya (tugas kelompok tentang rencana tindakan cara mengatasi )

2) Laijapen :
Menilai sejauh mana siswa dapat mengaplikasikan (setelah siswa melaksanakan layanan bimbingan dengan strategi klasikal)

3) Laijapang :
Menilai sejau mana siswa bener-bener konsisten dalam melaksanakan layanan bimbingan dengan strategi klasikal (jangka panjang).

12. Catatan Khusus
Konseli yang mengalami KES-T dan membutuhkan bantuan, maka Konselor atau guru BK segera memberikan layanan sesuai jenis layanan Bimbingan dan Konseling.


Jakarta, 1 Januari 2019
Mengetahui,


Kepala Sekolah                                                   Guru BK



   

(............................................)                       (..................................)

LAMPIRAN-LAMPIRAN
1. Uraian Materi
2. Lembar kerja siswa
3. Instrumen Penilaian
4. Media


Sekian... 💚💚💚
#semogabermanfaat #konselingmasakini #konsleingmilenial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MAKALAH - BK BELAJAR

MAKALAH "BK BELAJAR" BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Pada dasarnya bimbingan belajar adalah inti dar...